Softskill “maskot flora dan fauna kota cianjur”

9 Nov

NAMA      : SAFIRA SALSABILA

KELAS      : 2ID01

NPM         : 36412776

TUGAS SOFTSKILL ”MASKOT FLORA DAN FAUNA”

 

  1. 1.     MASKOT FAUNA KOTA/KABUPATEN CIANJUR

 

Ayam Pelung (Gallus domesticus)

Nama lain : Ayam Ciparage, Wereng, Kendal, Kedu , Gaok, Paser, Nunukan, Tukong, Kukuak Balenggek, Haruai.

Famili : Phasianidae.

Deskripsi :

Gallus domesticus merupakan ayam yang tersebar luas di dunia, hidup di permukaan tanah. Dan merupakan ayam peliharaan hasil domestikasi dari jenis Gallus gallus. Sayap pendek membulat, ekor umumnya panjang. Jantan biasanya sangat indah, sedangkan betina suram (untuk menyamar). Bersarang di tanah. Pada yang jantan mempunyai jengger, gelambir dan taji di kakinya. Terbang seperti ragu-ragu dan biasanya hanya untuk jarak pendek, tetapi dapat berlari dengan baik. Iris merah, paruh warna tanduk sampai abu-abu putih susu, kaki abu-abu kebiruan. Unggas ini mempunyai suara yang bersih dan nyaring.

 

 

 

  1. 2.     MASKOT FLORA KOTA/KABUPATEN CIANJUR

 

Samolo (Diospyros blancoi)

Nama lain: buah mentega, bisbul, mabolo

Famili: Ebenaceae

Sinonim : Diospyros discolor Willd, Diospyros philipensis (Desr.) Guerke

Deskripsi:

Tanaman ini termasuk pohon yang selalu hijau dengan tinggi anatara 7-32 m, dengan diameter pangkal batangnya 50-80 cm, tajuknya berbentuk kerucut. Daunnya berselang-seling, berbentuk lonjong, berukuran 8-30 cm X 2,5-12 cm, ujungnya lancip, pangkal bundar, pinggirannya rata. Tanaman ini berdaun hijau mengkilap, tidak berbulu pada bagian atas, dan pada bagian bawah berbulu perak. Daun hijau berwarna pucat sampai merah jambu, dan tangkai daunnya memanjang hingga 1,7 cm. Tanaman ini berkelamin dua, bunga jantan tersusun dalam payung menggarpu, di ketiak daun, dan terdiri atas 3-7 kuntum, dan tangkai bunganya pendek. Daun kelopaknya berbentuk tabung dna bercuping 4, demikian juga daun mahkotanya. Bunga betina soliter dengan ukuran lebih besar dari bunga jantan. Buahnya bertipe buah buni, bulat atau bulat gepeng dnegan ukuran 5-12 cm X 8-10 cm, berbulu dan berwarna coklat kemerahan. Daging buahnya berwarna putih, keras, agak kering dan rasanya manis. Bijinya berjumlah sekitar 10 butir per buah. Pohon yang ditanam dari biji cenderung tegak, terkadang memiliki satu batang tanpa cabang.

Ekologi: 

Tanaman ini berasal dari Filipina, dan saat ini telah menyebar di Asia Tenggara. Samolo ini banyak ditemukan di daerah beriklim muson, pada dataran rendah hingga menengah (0-800 m dpl).  Tanaman ini beradaptasi dengan berbagai tipe tanah.  Bisbul sangat tahan terhadap angin kencang.

Kegunaan:

Buah bisbul dapat dimakan dalam keadaan segar jika telah matang. Rasanya agak manis, dan daging buahnya bisa juga digunakan untuk campuran rujak. Kayunya licin dan tahan lama, warnanya hitam, dan umumnya digunakan untuk kerajinan tangan atau untuk ditanam di pinggir jalan.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: